Pengalaman Wawancara Custemer Service Bank Syariah
Wawancara
Custemer Service Bank Syariah
Oleh: Nur Habib Fauzi
Kamis, 29 April
2016 saya bersama teman sekelas M. Rijal Nasiruddin mengunjungi Lembaga Bank
Syariah di Tulungagung. Maksud kunjungan kami adalah untuk menanyakan tentang
produk-produk perbankan Syariah. Apakah sudah sesuai dengan Syariat atau belum.
Kebetulan yang kami kunjungi adalah Bank BRI Syariah cabang Tulungagung yang
beralamat Ruko Panglima Sudirman Trade Center Jl. Diponegoro No. 2B Kecamatan
Tulungagung.
Sekitar pukul
10:15 WIB. Kami berdua masuk ke bank dan langsung disambut oleh Custemer
Servicenya dengan sambutan yang ramah “Assalamu’alaikum, silahkan duduk, ada
yang bisa saya bantu?”. Ucapannya begitu ramah membuat kami sedikit malu
dan takut. Karena kami berdua mendapat tugas dari dosen kami untuk penelitian
langsung ke Bank-bank disekiar Tulungagung. Yang membuat kami deg-degkan adalah
karena tugas penelitian kami tidak disertai dengan Surat Pengantar dari Kampus.
Bagaimana tidak? Kami akan mengajukan banyak pertenyaan mengenai produk-produk
usahanya serta penghitungan bunga kepada mereka (pihak bank) dan kami hanya
sekedar bertanya tanpa ada niat untuk menjadi nasabah. Mereka pasti akan curiga
karena pertanyaan kami dan akan meminta surat pengantar dari kampus (serem).
Disambungng……
Kami langsung
duduk seraya membalas Salam “Wa’alaikum salam Wr. Wb.” Kemudian CS
(customer service) menanyakan Nama kami dan alamat kami. Setelah serangkaian
perkenalan dari kami, saya langsung masuk ke inti (niat) dari maksud kami masuk
ke bank yaitu untuk mengajukan beberapa pertanyaan, pertama langsung kepada
produk tabungan yang cocok dengan kami sebagai mahasiswa, dan apa keuntungan
kami jika menabung di bank ini. Kemudian CS menjelaskan dan merekomendasikan
satu produk kepada kami yaitu Tabungan Impian BRISyariah iB.
Berdasarkan
penjelasan dari CS dan brosur yang diberikan, saya dapat menyimpulkan bahwa
tabungan impian merupakan tabungan berjangka dari Bank BRISyariah dengan
prinsip bagi hasil yang dirancang untuk mewujudkan impian dengan terencana. Persyaratannyapun
juga mudah, yaitu Fotokopy KTP yang masih berlaku, dengan setoran awal 50 ribu
dan setoran rutin minimal Rp 50 ribu, nasabah akan mendapatkan banyak manfaat,
antara lain (1) untuk 5x setoran rutin bulanan mendapatkan Santunan Duka (jika
meninggal atau kecelakaan) maksimum Rp 25 juta untuk tabungan yang dibuka
dengan jangka waktu 1-5 tahun, (2) maksimum Rp 50 juta untuk jangka waktu 6-10
tahun, dan (3) maksimum Rp 100 juta untuk jangka waktu 11-20 tahun. CSnya
menjelaskan ada keunggulan dengan produk Tabungan Impian yaitu Tenang
karena dikelola dengan prinsip syariah, Ringan karena dengan setoran Rp
50 ribu cukup untuk seorang mahasiswa seperti saya, Fleksibel karena
Nasabah bebas memilih jangka waktu tabungan, Gratis karena tidak ada
biaya administrasi, Aman karena otomatis dilindungi asuransi jiwa, Mudah
karena tanpa pemeriksaan kesehatan, dan Nyaman karena nasabah dapat
mewujudkan impiaannya seperti membeli gadget, liburan, pendidikan, kurban dan
lain sebagainya.
Kemudian saya
bertanya lagi mengenai penghitungan bunga dalam akad bagi hasil dan bagaimanakah
dengan produk Deposito dan produk-produk yang lain. Langsung saja Customer
Servicenya bertanya “dari IAIN ya mas? Tugas
dari kampus? Ada surat pengantarnya?” Lantas saja saya tersenyum dan mengangguk,
lalu saya diberikan kartu nama jika ingin bertanya lebih jauh lagi…. Lalu saya
mengucapkan terimakasih dengan meminta semua brosur yang ada di meja
CS….Demikian pengalaman saya ketika wawancara dengan customer service Bank
Syariah…..
0 comments :
Post a Comment