Pengalaman Wawancara Custemer Service Bank Syariah

Thursday, May 5, 2016

Pengalaman Wawancara Custemer Service Bank Syariah


Wawancara Custemer Service Bank Syariah
Oleh: Nur Habib Fauzi


Kamis, 29 April 2016 saya bersama teman sekelas M. Rijal Nasiruddin mengunjungi Lembaga Bank Syariah di Tulungagung. Maksud kunjungan kami adalah untuk menanyakan tentang produk-produk perbankan Syariah. Apakah sudah sesuai dengan Syariat atau belum. Kebetulan yang kami kunjungi adalah Bank BRI Syariah cabang Tulungagung yang beralamat Ruko Panglima Sudirman Trade Center Jl. Diponegoro No. 2B Kecamatan Tulungagung.
Sekitar pukul 10:15 WIB. Kami berdua masuk ke bank dan langsung disambut oleh Custemer Servicenya dengan sambutan yang ramah “Assalamu’alaikum, silahkan duduk, ada yang bisa saya bantu?”. Ucapannya begitu ramah membuat kami sedikit malu dan takut. Karena kami berdua mendapat tugas dari dosen kami untuk penelitian langsung ke Bank-bank disekiar Tulungagung. Yang membuat kami deg-degkan adalah karena tugas penelitian kami tidak disertai dengan Surat Pengantar dari Kampus. Bagaimana tidak? Kami akan mengajukan banyak pertenyaan mengenai produk-produk usahanya serta penghitungan bunga kepada mereka (pihak bank) dan kami hanya sekedar bertanya tanpa ada niat untuk menjadi nasabah. Mereka pasti akan curiga karena pertanyaan kami dan akan meminta surat pengantar dari kampus (serem).

Disambungng……
Kami langsung duduk seraya membalas Salam “Wa’alaikum salam Wr. Wb.” Kemudian CS (customer service) menanyakan Nama kami dan alamat kami. Setelah serangkaian perkenalan dari kami, saya langsung masuk ke inti (niat) dari maksud kami masuk ke bank yaitu untuk mengajukan beberapa pertanyaan, pertama langsung kepada produk tabungan yang cocok dengan kami sebagai mahasiswa, dan apa keuntungan kami jika menabung di bank ini. Kemudian CS menjelaskan dan merekomendasikan satu produk kepada kami yaitu Tabungan Impian BRISyariah iB.
Berdasarkan penjelasan dari CS dan brosur yang diberikan, saya dapat menyimpulkan bahwa tabungan impian merupakan tabungan berjangka dari Bank BRISyariah dengan prinsip bagi hasil yang dirancang untuk mewujudkan impian dengan terencana. Persyaratannyapun juga mudah, yaitu Fotokopy KTP yang masih berlaku, dengan setoran awal 50 ribu dan setoran rutin minimal Rp 50 ribu, nasabah akan mendapatkan banyak manfaat, antara lain (1) untuk 5x setoran rutin bulanan mendapatkan Santunan Duka (jika meninggal atau kecelakaan) maksimum Rp 25 juta untuk tabungan yang dibuka dengan jangka waktu 1-5 tahun, (2) maksimum Rp 50 juta untuk jangka waktu 6-10 tahun, dan (3) maksimum Rp 100 juta untuk jangka waktu 11-20 tahun. CSnya menjelaskan ada keunggulan dengan produk Tabungan Impian yaitu Tenang karena dikelola dengan prinsip syariah, Ringan karena dengan setoran Rp 50 ribu cukup untuk seorang mahasiswa seperti saya, Fleksibel karena Nasabah bebas memilih jangka waktu tabungan, Gratis karena tidak ada biaya administrasi, Aman karena otomatis dilindungi asuransi jiwa, Mudah karena tanpa pemeriksaan kesehatan, dan Nyaman karena nasabah dapat mewujudkan impiaannya seperti membeli gadget, liburan, pendidikan, kurban dan lain sebagainya.
Kemudian saya bertanya lagi mengenai penghitungan bunga dalam akad bagi hasil dan bagaimanakah dengan produk Deposito dan produk-produk yang lain. Langsung saja Customer Servicenya bertanya  “dari IAIN ya mas? Tugas dari kampus? Ada surat pengantarnya?” Lantas saja saya tersenyum dan mengangguk, lalu saya diberikan kartu nama jika ingin bertanya lebih jauh lagi…. Lalu saya mengucapkan terimakasih dengan meminta semua brosur yang ada di meja CS….Demikian pengalaman saya ketika wawancara dengan customer service Bank Syariah…..

0 comments :

Post a Comment